Doa Mengenai Berbagai Macam Hujan

Doa Mengenai Berbagai Macam Hujan – Hujan merupakan sebuah anugrah yang  terjadi pada bumi kita ini. Hujan sendiri merupakan air yang turun dari langit ke bumi.

Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi.

Doa Mengenai Berbagai Macam Hujan

Doa Mengenai Berbagai Macam Hujan

Bagi umat muslim, hujan bukan hanya sekedar fenomena alam yang terjadi pada bumi ini. Hujan melainkan merupaka rezeki dan rahmat yang dilimpahkan oleh Allah Swt untuk seluruh mahkluknya yang ada pada bumi ini.

Acapkali hujan yang tiba ialah hujan yang ditunggu- tunggu, paling utama oleh para petani, yang berbulan- bulan tadinya merasa kesusahan air serta hadapi kekeringan.

Sesuatu hari, kala terjalin hujan rimbun, wajah Rasulullah Shallallahu‘ alaihi wa sallam yang umumnya terang bersinar tiba- tiba berganti. Wajah si penghulu rasul yang lemah lembut itu tiba- tiba pucat. Wajah putra Abdullah bin Abdul Muthalib itu hendak kembali terang bersinar sehabis hujan reda.

Aisyah radhiyallahu anha si istri juga bertanya kepada Rasulullah,”” Ya Rasulullah, apabila nampak awan mendung seluruh orang merasa gembira sebab menunjukkan hujan hendak turun, namun kenapa engkau malah nampak ketakutan?”

Kepada Aisyah binti Abu Bakar, Rasulullah SAW juga menanggapi,“ Wahai Aisyah, gimana aku bisa meyakini kalau angin kencang serta awan mendung itu bukan mendatangkan adzab dari Allah? Kalangan`Ad sudah dibinasakan oleh angin topan. Kala mereka memandang awan mendung, mereka gembira sebab mengira hendak lekas turun hujan. Sementara itu bukan hujan, melainkan adzab Allah buat membinasakan mereka.”

Berikut ini beberapa doa yang bisa kita bacakan ketika hujan turun :

Doa jika ingin mendapatkan manfaat dari hujan

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Dan artinya adalah

 “Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat“.

Doa ketika datang hujan yang sangat lebat

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Yang Artinya adalah :

 “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan“.

Doa ketika hujan lebat dan disertai dengan angin kencang

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Yang artinya adalah :

 “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Doa jika hujan yang berpetir

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Yaang artinya adalah:

Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya“.

Doa meminta Hujan berhenti

Meskipun doa adalah sebuah rahmat dan anugrah yang kita dapatkan dari Allah Swt. Akan tetapi ada beberapa kasus yang membuat kita bisa berdoa ketika ada hujan.

Misalnya ketika huja sangat lebat menyebabkan banjir atau bencana lain.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Yang artinya adalah:

 “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.” (HR Bukhari).

Dapatkan berbagai macam ilmu – ilmu lainnya seputar dunia Islami dari sumber  – sumber buku bacaan yang bisa kalian dapatkan dari Toko Buku Islam Wisata Buku. Silahkan cek dan pilih – pilih buku bacaan yang ingin kalian beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *