Jangan Mau Jadi Writer Terus, Ayo Mulai Bangun Usaha Anda Sendiri

Betapa banyak orang yang fokus mengoptimalkan keahlian menulis, lantas menjadi seorang ahli di bidang kepenulisan, tapi kemampuan tersebut tidak terpakai secara optimal.

Maksudnya, para penulis sering kali merasa cukup dengan rutinitas menulis untuk hobi dan apresiasi diri, tapi jarang yang berpikir untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai ladang bisnis terhandal.

Bangun Usaha Sendiri

Bangun Usaha Sendiri

Padahal, era digital saat ini membuka gerbang seluas-luasnya untuk produksi naskah dan konten yang berkualitas. Semua pebisnis digital saling mengadu ide agar bisa menarik hati publik maya agar produk komersial mereka, baik berupa barang maupun jasa, dilirik publik maya.

Konten-konten tersebut membutuhkan skill menulis yang tinggi, pikiran yang kreatif serta kedisiplinan dalam mematuhi tenggat waktu alias deadline.

Terdapat sejumlah hal yang membuat seorang penulis tidak terpikirkan untuk berbisnis di bidang kepenulisan. Pertama, ia terlalu sibuk mencari inspirasi sembari dituntut deadline harian. Kedua, idealisme penulis yang menganggap bahwa menulis tak perlu dikait-kaitkan dengan hal-hal berbau komersial.

Merespon alasan-alasan tersebut, penulis sebaiknya segera menyadari peluang bisnis yang menjanjikan dari keahlian mereka menulis. Kemampuan mereka diburu oleh para pelaku usaha dan jalinan kerja sama selalu terbuka lebar.

Buktinya, saat ini marak dibuka Lowongan Freelance untuk penulis, serta besar pula peluang seorang penulis untuk membuka usaha jasa kepenulisan. Berikut ini ragam peluang usaha yang bisa dijalankan oleh penulis kreatif:

  1. Menjadi Blogger

Blog merupakan salah satu media menulis yang paling digandrungi di era digital saat ini. Beragam motif mengiringi pembuatan blog oleh para penulis, dari mulai iseng belaka, hobi, hingga tujuan profesional.

Nah, untuk yang disebut terakhir, rupanya penulis sangat berpeluang untuk menghasilkan uang melalui blog dengan melakukan monetisasi. Lantas apa yang dimaksud dengan monetisasi?

Ini merupakan upaya penulis untuk mengkomersilkan blognya. Mula-mula blog tersebut harus memiliki domain dan hosting sendiri, kemudian mulai didaftarkan ke situs penyedia iklan website seperti Google Adsense.

Dengan cara ini, ketika pengunjung blog banyak yang mengklik iklan dari blog tertentu, maka secara otomatis kegiatan tersebut memberikan pemasukan dolar untuk pemiliknya.

Agar sukses dalam agenda monetisasi blog, penulis harus konsisten menyuguhkan konten yang menarik, lengkap, fokus dan komprehensif. Di sisi lain, pengelola blog juga harus mengupayakan agar trafik pengunjung selalu meningkat dan konsisten tinggi. Sebab, hal ini membuka peluang diaksesnya iklan-iklan yang terpasang oleh pengunjung.

  1. Menjadi Jurnalis

Kemampuan menulis yang baik juga bisa menggiring seseorang untuk menjalankan bisnis di bidang jurnalistik. Dalam hal ini, penulis bisa membuka portal berita yang membahas isu-isu spesifik, lalu disiarkan secara berkala di sejumlah media.

Konten-konten yang ada di portal tersebut pastinya merupakan hasil peliputan lapangan dengan mengusung kode etik jurnalistik. Penulis bahkan bisa merekrut reporter agar penyajian berita selalu up to date dan pada akhirnya mengundang para pembaca dan pengiklan untuk datang dan menjadi sumber uang.

  1. Menjadi Penulis Lepas Atau Novelis

Perusahaan media dan penerbitan selalu menanti kehadiran karya-karya baru yang original dari para penulis. Karya tersebut bisa.berupa puisi, cerpen maupun novel.

Mereka bahkan siap membayar penulis yang memang memiliki karya berkualitas dengan jumlah yang lumayan. Peluang semacam ini bisa dimanfaatkan oleh para penulis sehingga memiliki penghasilan dari menjadi seorang cerpenis atau novelis.

  1. Membuka Usaha Copywriter

Bisnis penulis selanjutnya adalah usaha copywriter. Ini merupakan bidang kepenulisan yang berkaitan dengan dunia usaha secara langsung. Secara teknis, copywriter bertugas membuat konten yang menarik untuk kegiatan promosi produk barang maupun jasa, sehingga efektif di bidang pemasaran.

Saat ini banyak pelaku usaha yang membutuhkan jasa pembuatan konten untuk agenda promosi di media online maupun konvensional. Nah, penulis bisa membentuk tim untuk menyambut kebutuhan tersebut sehingga menjadi bisnis yang menjanjikan.

  1. Membuka Bisnis Jasa Penulisan Artikel

Hampir mirip dengan bisnis di poin 4, bisnis yang satu ini lebih berfokus pada bagaimana mendukung website klien agar optimal dari segi konten dan trafik. Jika jasa usaha copywriter dekat dengan promosi dan branding secara langsung, maka bisnis jasa artikel lebih berfokus pada penyediaan konten yang berkualitas secara rutin dan konsisten.

Ketika penulis ingin membuka jasa penulisan artikel, ia dan tim harus memiliki bekal yang mumpuni dalam menerapkan teknik SEO (Search engine optimization). Dalam hal ini, pemilik usaha harus paham bahwa menulis untuk kebutuhan bisnis digital haruslah juga menyesuaikan dengan strategi jitu agar tulisan bisa akrab dengan mesin pencari. Salah satu yang mesti diperhatikan adalah menulis berdasarkan panduan SEO.

Sederhananya, ini merupakan teknik di mana penulis merangkai naskah secara optimal agar mudah dideteksi oleh mesin pencari semacam Google. Maka dari itulah, SEO memiliki strategi dan trik tertentu yang terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan sehingga upaya optimalisasi konten di mesin pencari menjadi efektif.

Dalam hal ini, penulis harus mempelajari teknik-teknik tertentu agar kontennya akrab dan menjadi rekomendasi utama mesin pencari digital. Begitu pula semua pelaku usaha pastinya akan sangat membutuhkan Penulis Artikel SEO untuk kebutuhan branding dan promosi yang optimal.

Dengan menulis berdasarkan SEO, konten bisa dengan mudah menempati peringkat satu atau halaman satu di mesin pencari, ketika warganet menuliskan kata kunci yang sesuai dengan konten yang diproduksi.

Lantas kapankah waktu yang tepat untuk memulai bisnis di bidang kepenulisan?Jawabannya adalah “Sekarang Juga”. Era digital memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis kapan saja. Dengan bermodalkan skill menulis dan rasa percaya diri yang tinggi, penulis bisa segera memulai usaha di bidang kepenulisan untuk kemudian meraup keuntungan bisnis yang lumayan.

Demikianlah informasi tentang bagaimana menjadi seorang penulis profesional. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *