Makanan Khas Tuban

Bagi beberapa orang, kota Tuban maupun makanan khas Tuban bisa jadi terdengar asing. Apalagi bagi yang belum pernah berkunjung ke kota yang satu ini. Padahal sebenarnya Tuban merupakan salah satu kota di Jawa Timur dengan beberapa objek wisata pantai yang menarik. Sehingga sayang sekali jika tidak menyempatkan diri untuk berwisata ke lokasi tersebut. Tentunya saja bila berkunjung, ada banyak makanan khas yang bisa ditemukan di area kota Tuban. Jika tertarik untuk mencoba, mulai saja dengan mencari tahu apa saja makanan khas Tuban yang tertulis di artikel berikut.

Kare Rajungan

Sebagai salah satu kota yang terletak di sepanjang pantai utara Jawa, tidak heran jika kota ini menyimpan segudang menu dengan bahan baku seafood. Salah satunya yang mudah didapatkan di area kota Tuban yaitu rajungan. Ini adalah hewan sejenis kepiting dengan bentuk badan yang lebih ramping. Rasanya jika dimakan tidak kalah lezat dengan menu kepiting lainnya. Karena itu di sini rajungan diolah menjadi makanan khas yang lezat. Ditambahkan dengan bumbu kare ala kota Tuban, jadilah kare rajungan yang super lezat dan menggoda. Rasanya gurih dan lezat, selain itu penuh dengan protein, cocok dijadikan teman makan siang atau malam. Ditambahkan sepiring nasi putih, sudah pasti membuat perut semakin kenyang.

Becek Mentok

Nama makanan yang satu ini bisa jadi terasa aneh. Mentok sendiri adalah unggas yang tidak selalu didapatkan di perkotaan. Namun rupanya di Tuban sudah umum diolah menjadi menu makanan khas yang terasa gurih dan enak. Daging unggas memang cocok sekali diolah menjadi berbagai macam menu makanan, sama halnya daging mentok. Diolah bersama bumbu khusus, daging mentok kemudian direbus hingga matang. Ditambahkan santan dan rempah-rempah lainnya yang menyerupai kare. Sehingga setelah matang baunya saja sudah cukup menggoda, apalagi rasanya. Ditemain sepiring nasi, jangan salah jika kalian lahap memakannya. Becek mentok ini memang juara rasanya dan patut dicoba.

Cumi Hitam

Siapa sangka jika makanan khas Tuban berikutnya yaitu cumi hitam. Diolah dengan bumbu-bumbu lainnya yang menggoda, makanan ini menjadi salah satu kuliner favorit baik oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. Bahan dasarnya berasal dari cumi yang berpadu dengan tinta hitam alaminya, kemudian diolah dan disajikan di atas daun jati yang khas. Wah, sudah pasti terasa lezat ya, cocok untuk jadi teman makan siang maupun makan malam. Yang pasti harus dicoba nih!

Ampo

Jika tertarik untuk mencari makanan khas Tuban yang ringan, maka cobalah untuk mencari oleh-oleh ampo. Bagi yang belum tahu, makanan ini terbuat dari tanah liat segar yang belum dicampur apapun. Wah, menarik juga nih, pastinya belum ada jenis makanan lain yang memakai bahan baku tanah liat. Saat dicoba rasanya juga sedap dan menyehatkan. Harganya juga jangan ditanya, sangat murah untuk ukuran makanan ringan. Biasanya di seputar kota Tuban, makanan tersebut hanya dijual dengan harga lima hingga sepuluh ribu rupiah per kilogramnya.

Itulah beberapa jenis makanan khas Tuban yang cukup menggoda untuk dicoba dirasakan. Jadi, jika sedang bermain ke kota yang satu ini, jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai macam menu kulinernya. Semua menu di atas cocok kok untuk dijadikan sekedar makanan sampingan, atau bahkan dijadikan menu makan siang maupun malam. Mencarinya juga tidak sulit, jadi dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kota Tuban. Cobaik yuk! Informasi tambahan, temukan resep masakan Indonesia terbaik hanya di laman https://makananoleholeh.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *