Memahami Konsep Pemrograman Linier

Pemrograman linier adalah teknik penelitian operasi yang berasal dari awal 1950-an. Memiliki aplikasi praktis yang beragam, teknik ini telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi berbagai organisasi dalam produksi dan operasi lainnya. Prof. GB Dantzig merupakan salah satu pionir dalam perumusan prosedur pemrograman linier.

Teknik ini dapat diterapkan dalam berbagai situasi: perencanaan jangka panjang, perencanaan produksi, keputusan pergudangan, keputusan distribusi fisik, pemasaran, dan keputusan bauran produk, masalah pencampuran cairan, eksplorasi deposit minyak, keputusan pembelian, keputusan pengendalian kualitas, keputusan pemanfaatan material, dll.

Masalah dasar yang dipecahkan oleh Pemrograman Linier adalah mengoptimalkan keuntungan atau biaya total atau fungsi utilitas lainnya. Ini mempertimbangkan batasan atau kendala pada ketersediaan atau penggunaan sumber daya yang berbeda seperti tenaga kerja, mesin, bahan, waktu dan uang serta batasan dan kendala lain seperti yang ada di pasar (misalnya hanya begitu banyak unit produk yang dapat dapat dijual) atau spesifikasi untuk kualitas seperti batas maksimum atau minimum pada karakteristik kinerja produk tertentu, dll. Singkatnya, pemrograman Linear berkaitan dengan pengoptimalan tujuan yang diinginkan dalam situasi di mana terdapat berbagai kendala. Sebagian besar masalah manajemen adalah masalah pengambilan keputusan yang optimal yang dibuat di bawah berbagai keterbatasan.

Kita dapat mengilustrasikan apa arti pemrograman linier melalui contoh sederhana. Misalkan sebuah perusahaan menghasilkan dua produk X dan Y, keduanya membutuhkan bahan baku tertentu dan mesin tertentu. Produk X membutuhkan 4 jam mesin dan 3 Kg bahan baku per unit produk, dan produk Y membutuhkan 2 jam mesin dan 6 Kg bahan baku per unit produk. Misalkan ketersediaan jam mesin dan bahan bakunya terbatas. Bahan mentah tersedia dengan batas maksimum hanya 240 Kg per bulan dan jam mesin tersedia hingga maksimum hanya 200 jam mesin per bulan. Masing-masing produk X dan Y berkontribusi pada margin keuntungan sebesar $ 7 dan $ 9 masing-masing per unit produk. Berapa unit produk X dan Y yang harus diproduksi perusahaan setiap bulan?

Untuk mengatasi masalah di atas, Anda harus memahami konsep pemrograman linier bersama Guru Les Privat MTK di Bangkinang, Kampar dengan jelas dan menerapkannya dengan benar. Jika Anda menghadapi masalah saat mempelajari konsep ini, maka Anda dapat meminta bantuan tutor privat. Menemukan guru privat yang tepat untuk mata pelajaran, lokasi, dan periode waktu tertentu dimungkinkan melalui Internet. Anda hanya perlu meluangkan waktu dari jadwal sibuk Anda untuk mencari layanan les privat online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *