Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan dan Analisa

Laporan keuangan adalah pelaporan peristiwa dan peristiwa yang bersifat moneter dan / atau catatan keuangan, dengan cara yang sesuai, dengan instruksi atau dinyatakan dalam uang nominal, serta interpretasi dari hal-hal yang timbul darinya dalam suatu perusahaan.

Laporan keuangan adalah ringkasan dari proses pencatatan, ringkasan transaksi keuangan yang terjadi selama tahun keuangan ditentukan. Laporan keuangan disusun oleh manajemen dengan tujuan mengambil tanggung jawab untuk tugas yang diberikan kepada mereka oleh pemilik perusahaan. Selain itu, laporan keuangan juga dapat digunakan untuk memenuhi tujuan lain, yaitu sebagai laporan kepada pihak di luar perusahaan.

Laporan Keuangan adalah ringkasan dari transaksi yang terjadi selama periode tertentu. Ini akan memberikan gambaran umum tentang situasi keuangan perusahaan secara keseluruhan. Informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan hasil operasi sangat berguna bagi pihak baik di dalam perusahaan maupun pihak di luar perusahaan.

Dalam laporan keuangan pada dasarnya ingin melaporkan kegiatan perusahaan termasuk kegiatan investasi, kegiatan pendanaan dan kegiatan operasional sambil mengevaluasi keberhasilan strategi perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan pelaporan keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan, kredit investasi dan investasi serupa lainnya.
  2. Informasi yang berguna untuk memperkirakan arus kas untuk penggunaan eksternal.
  3. Investasi berguna untuk memperkirakan arus kas perusahaan.

Laporan keuangan lengkap umumnya terdiri dari beberapa komponen, yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, laporan sumber dan penggunaan dana zakat, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan, dan catatan keuangan pernyataan.

Tujuan Laporan Keuangan

tujuan dari laporan keuangan adalah yang pertama, untuk memberikan informasi yang berguna bagi investor, kreditor, dan pengguna saat ini atau di masa depan untuk membuat keputusan investasi. Kedua, menyediakan informasi yang berguna bagi pengguna eksternal untuk memperkirakan jumlah waktu, dan ketidakpastian menerima uang tunai dari bunga dan dari penjualan atau hutang pinjaman. Ketiga, memberikan informasi untuk membantu para infestor, kreditor, dan pengguna lain untuk memperkirakan jumlah waktu, dan ketidakpastian arus kas masuk bersih ke perusahaan.

Berdasarkan pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan dari laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang sumber daya ekonomi, kewajiban dan modal sendiri perusahaan dan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan perusahaan dengan pihak yang berkepentingan.

Memahami Analisis Laporan Keuangan

Untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan dan hasil yang dicapai oleh perusahaan perlu dilakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. Analisis laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnya karena ingin mengetahui tingkat profitabilitas (laba) dan tingkat risiko atau tingkat kesehatan suatu perusahaan. Sedangkan menurut Munawir, analisis laporan keuangan adalah alat untuk memperoleh informasi tentang posisi keuangan dan hasil yang dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan, sehingga data yang telah diperoleh dapat dibandingkan atau dianalisis lebih lanjut untuk mendapatkan data untuk mendukung keputusan yang akan diambil.

Menurut pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa analisis laporan keuangan adalah perhitungan dan kemungkinan masa depan untuk digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan oleh pihak-pihak terkait.

Isi Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan adalah sumber informasi penting selain informasi lain seperti informasi industri, kondisi ekonomi, pangsa pasar perusahaan, kualitas manajemen dan lain-lain. Ada 3 jenis utama laporan keuangan yang dihasilkan, yaitu neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Semua informasi mengenai akuntansi dapat kamu peroleh di situs akuntasi lengkap yang membahas segala hal yang berkaitan dengan ilmu akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *