Penyakit Kucing Yang Wajib Diketahui Oleh Pecinta Kucing

Penyakit kucing yang wajib diketahui oleh pecinta kucing sebenarnya ada beberapa jenis. Tentu saja jika Anda memelihara kucing maka Anda wajib mengetahui hal yang satu ini. Sebab dengan adanya pengatahuan mengenai berbagai macam jenis penyakit kucing, maka Anda bisa lebih mudah dalam melakukan upaya pencegahan.

Kucing memang merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Namun memelihara kucing tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Jika Anda memlihara kucing maka Anda harus benar-benar memperhatikan pola perawatan yang Anda berikan pada kucing Anda. Selain itu Anda juga harus menghindarkan kucing peliharaan dari resiko penyakit.

Penyakit Kucing Yang Wajib Diketahui Oleh Pecinta Kucing

Penyakit Kucing Yang Wajib Diketahui Oleh Pecinta Kucing

Adapun beberapa jenis penyakit pada kucing bisa disembuhkan. Namun beberapa penyakit bisa berbahaya dan menimbulkan kematian. Bahkan lebih buruknya dapat beresiko menulari pemeliharanya. Lebih lanjut berikut ini beberapa contoh penyakit kucing pada umumnya.

Penyakit mata

Penyakit mata pada kucing umumnya disebabkan oleh virus dan bakteri. Saat kucing mengalami penyakit mata maka matanya akan tampak selalu berair. Bahkan mata kucing dipenuhi dengan kotoran terutama di bagian sudut mata. Kucing juga menjadi lebih sering menggaruk matanya. Jadi Anda harus segera membersihkan matanya bila kondisi kucing menunjukkan gejala sakit mata.

Kutu

Kutu seringkali ditemukan pada bulu kucing. Penyakit kutu pada kucing ini merupakan jenis penyakit yang paling umum terjadi. Penyakit ini ditunjukkan dengan gejala kulit kucing yang memburuk. Seperti misalnya munculnya bintik hitam pada kucing. Kucing juga akan lebih sering menggaruk dan menjilat bulunya karena merasa sangat gatal.

Rabies

Rabies menjadi salah satu jenis penyakit kucing yang dinilai cukup berbahaya. Sebab kucing merupakan hewan yang dapat menularkan rabies bahkan kepada manusia. Penyakit ini bisa menyebabkan terjadinya koma dan bahkan berujung pada kematian. Untuk mencegahnya maka Anda harus memberikan vaksin rabies pada kucing Anda.

Diabetes

Diabetes rupanya tidak hanya menyerang manusia saja tetapi juga menyerang kucing. Umumnya penyakit ini lebih rentan dialami oleh kucing yang gemuk karena kelebihan karbohidrat. Untuk itu Anda perlu memperhatikan dengan benar mengenai makanan apa saja yang seharusnya diberikan pada kucing dan seharusnya dihindari bagi kucing Anda.

Penyakit saluran kencing

Penyakit saluran kencing bisa saja dialami oleh kucing Anda. Baik kucing jantan maupun betina sama-sama memiliki resiko mengalami penyakit ini. Penyakit ini juga lebih rentan dialami oleh kucing dengan kondisi berat badan berlebih. Saat terserang penyakit ini maka kucing akan mengeluarkan urin yang disertai dengan darah. Terkadang kucing juga mengalami kesulitan untuk berkemih sehingga kucing kehilangan nafsu makan dan akhirnya tampak lesu.

FIV

FIV atau Feline Immunodeficiency Virus bisa tersebar melalui gigitan. FIV yang masuk ke aliran darah pada kucing akan menyerang sistem kekebalan tubuh kucing tersebut. Maka secara lambat laun kucing akan mengalami penurunan berat badan yang disertai dengan adanya diare. Bahkan kucing juga mengalami penyakit kulit dan bulunya menjadi kering.

Untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita kucing maka sebaiknya tanyakan pada dokter hewan terdekat. Ada baiknya juga untuk mengenal berbagai macam gejala atau ciri yang dialami oleh seekor kucing saat sedang sakit. Ciri kucing sakit biasanya diawali dengan hilangnya nafsu makan. Setelah itu badan kucing mulai lemas dan gerakannya tidak lincah lagi. Jika menemui hal demikian pada kucing sebaiknya Anda segera waspada dan segera memeriksakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *